Pohon Trembesi Efektif Kurangi Polusi Karbondioksida

 Pohon Trembesi Efektif Kurangi Polusi Karbondioksida - Polusi di perkotaan sudah semakin hari semakin mengkhawatirkan, yang sebagian besar disebabkan oleh sisa pembakaran dari mesin kendaraan baik Sepeda Motor, Mobil, Bus maupun Truk membuat suhu udara kian semakin panas.

Pertumbuhan jumlah kendaraan yang meningkat tajam semakin memperburuk kondisi udara di kota-kota besar, ruang terbuka hijau dan berkurangnya Pohon Penghasil Oksigen yang menyumbang terciptanya udara lebih bersih juga terlihat semakin berkurang.

Pohon Trembesi Penyerap Polusi Karbondioksida

Banyak cara pemerintah dan pegiat lingkungan dalam mengatasi hal tersebut yang salah satunya adalah dengan menanam pohon yang mampu menyerap polutan berbahaya yaitu Karbondioksida dan dari sekian banyak pohon yang paling efektif dalam mengurangi polusi udara tersebut adalah Pohon Trembesi.

Pohon yang berasal dari Benua Amerika ini mampu tumbuh hingga ratusan tahun dengan tinggi hingga 40 meter yang cabangnya tumbuh hingga menyerupai payung yang dapat menjadi pohon peneduh diareal sekitar pohon tersebut, pohon trembesi terbilang paling cocok ditanam pada daerah berpolusi tinggi yaitu kawasan perkotaan.

Pohon Trembesi mampu menyerap  28.488,39 Kg atau 28 Ton Karbondioksida dalam kurun waktu 1 tahun, dapat dipastikan dengan menanam 10 Pohon Trembesi saja dikawasan diperkotaan khususnya di kiri kanan jalan raya bakal akan sangat membantu mengurangi Polusi Karbondioksida hingga 280 Ton.

Bayangkan jika bisa menanam banyak Pohon Trembesi di sekitar jalan perkotaan, jelas akan lebih banyak manfaatnya Pohon Trembesi menjadi Tanaman Pembersih Udara baik bagi kita manusia maupun mahluk hidup lainnya.

Meskipun Trembesi memiliki tajuk yang lebar akan tetapi terbilang sangat kuat meski terkadang menghadapi terpaan angin yang kuat, karena Trembesi sendiri memiliki akar yang besar dan kuat. Hal tersebut menjadikan trembesi menjadi gangguan pada bangunan sekitar dan karena hal inilah bahwa Pohon Trembesi sangat cocok ditanam pada area terbuka yang cukup luas yang jauh dari bangunan atau pemukiman untuk menghindari efek dari kerusakan bangunan akibat dari akar Pohon Trembesi.

Untuk dapat membuat Trembesi menjadi Pohon Peneduh Jalan sekaligus penyerap polusi udara yang maksimal memang dibutuhkan waktu yang tak sedikit, apalagi jika memulai menanamnya ketika trembesi masih berukuran kecil atau masih dalam Polibag.

pohon trembesi penyerap polusi karbondioksida
https://malangbatutrans.blogspot.com

Selain itu menanam pohon dari usia masih kecil bakal mempunyai resiko rusak, mati atau malah dicabut orang iseng yang tak bertanggung jawab yang bisa jadi tak suka ada tanaman berada dilahan yang Anda tanami tersebut.

Belum lagi jika waktu menanam pada saat musim kemarau yang harus ada penyiraman secara rutin supaya Pohon Trembesi tersebut bisa tumbuh dengan baik, hingga nantinya menjadi pohon yang lebih besar dan tak perlu adanya penyiraman secara rutin atau tetal kuat tumbuh tanpa adanya penyiraman secara rutin.

Related Post

Popular Posts